Angka Penjualan Tiket Pelni Melonjak Hingga 5 Persen

JAKARTA – Sejak awal Ramadhan hingga menjelang Lebaran 1 Syawal 1431 H nanti, angka penjualan tiket kapal laut Pelni terus mengalami kenaikan. Pihak Pelni memperkirakan, kenaikan permintaan akan tiket tersebut melonjak hingga lima persen dibandingkan tahun kemarin.

Humas PT PELNI, Mungi Panti Retno mengatakan, kenaikan jumlah permintaan tiket tersebut terjadi lantaran harga transportasi laut tersebut dinilai lebih murah dan terjangkau oleh sebagian besar masyarakat ketimbang pesawat udara.

“Kami prediksikan jumlah permintaan tiket Pelni akan naik sekitar lima persen dari tahun kemarin. Hingga menjelang lebaran nanti, diperkirakan jumlahnya bisa mencapai sekitar 669.440 orang,” ujar Mungi. Sabtu (14/8/2010).

Mungi mengatakan, meskipun angka pembelian tiket mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, namun pihaknya tidak merasa kewalahan menghadapi lonjakan penumpang seperti yang terjadi pada moda transportasi lain menjelang lebaran nanti. Bahkan, Mungi menjamin, untuk keberangkatan H-1 nanti juga masih bisa mendapatkan tiket.

Namun, Mungi juga mengingatkan, sebaiknya masyarakat membeli tiket beberapa hari sebelum pemberangkatan. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat dapat berangkat ke tempat tujuan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

“Anda dapat membeli tiket maksimal 21 hari sebelum hari pemberangkatan di Kantor Pelni setempat dan agen-agen resmi Pelni di mana saja,” jelas Mungi.

Selain menyediakan loket langsung di kantor-kantor Pelni, pihak pelayaran nasional tersebut juga menyediakan secara online bagi warga yang ingin mengetahui informasi dan jadwal pemberangkatan secara lengkap. Untuk pemesanan, di wilayah Jabodetabek sendiri saat ini sudah terdapat sekitar 48 titik agen travel biro yang siap melayani masyarakat.

“Sebaiknya untuk pemesanan langsung dilakukan di tempat-tempat tersebut. Sementara online saat ini kami fokuskan sebagai call centre dan media informasi,” ujar wanita berkerudung tersebut.

Sumber : Tribunnews.com