Ingin Liburan Mewah tapi Punya Anggaran Minim? 3 Tempat Wisata Ini Jadi Pilihan

Jakarta – Siapa yang tidak butuh menyegarkan pikiran dengan liburan? Di masa sekarang ini liburan sudah menjadi kebutuhan mutlak untuk kebanyakan orang. Terutama untuk mereka yang jenuh dan penat karena rutinitas sehari-hari. Akan tetapi, kendala yang sering sekali dihadapi selain waktu tentu saja biaya.

Liburan tidak harus selalu mahal. Apa lagi jika mengunjungi tempat-tempat di dalam negeri. Ternyata ada liburan murah dengan budget Rp 3 juta. Berikut beberapa lokasi yang bisa menjadi pilihan destinasi liburan low budget, seperti dikutip dari TunaiKita. Apa aja ya?

1. Pulau Weh – Aceh

Berlokasi di bagian barat Indonesia, pulau Weh terkenal sebagai salah satu pulau dengan keindahan alam dan pantainya. Bagi turis yang sudah mengetahui pulau Weh, pulau satu ini sudah terkenal menjadi salah satu objek wisata yang paling dituju di Indonesia.

Jika ingin mengunjungi pulau Weh, estimasi biaya diperkirakan sekitar Rp 2,7 juta. Dengan biaya ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan indah selama satu minggu. Berikut perkiraan rincian biaya yang harus dipersiapkan:

Yang Perlu Dipersiapkan

a) Tiket pesawat pulang pergi

Persiapkan biaya untuk membeli tiket pesawat Jakarta-Banda Aceh mulai dari Rp 1,2 juta. Untuk informasi lebih detail, kunjungi situs pembelian tiket online seperti Traveloka/Tiket.com.

b) Transportasi darat

Begitu sampai di Banda Aceh, disarankan untuk menaiki damri dari bandara menuju Banda Aceh degan kisaran biaya Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu.

Untuk menuju Pulau Weh, masih harus melewati Pulau Ulee Lheue terlebih dahulu. Lalu akan dikenakan biaya transportasi umum sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu.

Ada dua opsi yang bisa dipilih untuk menyeberang dari Pulau Ulee Lheue menuju Pulau Weh yaitu menggunakan kapal feri atau kapal cepat. Untuk kapal feri biayanya sebesar Rp 25 ribu dan Rp. 85 ribu jika kamu ingin menaiki kapal cepat.

c) Penginapan

Terdapat empat jenis penginapan atau bungalow yang bisa menjadi pilihan saat bermalam di Pulau Weh. Yulia Bungalow, Fatimah Bungalow, O’oong Bungalow dan Iboih.In. Untuk kisaran harganya sendiri mulai dari Rp 60 ribu hingga Rp. 350 ribu per malam. Biaya bisa menjadi lebih murah jika memilih long stay atau berbagi kamar dengan turis lain.

d)Fasilitas menyelam

Bagi yang gemar menyelam dan menikmati pemandangan bawah laut, tersedia fasilitas menyelam dengan kisaran biaya sewa Rp 180 ribu untuk 4 hari.

e)Konsumsi

Pulau Weh memiliki banyak tempat makan dengan harga murah meriah. Diperkirakan membutuhkan biaya Rp 300 ribu untuk makan selama satu minggu.

2. Gunung Bromo – Malang

Jika tidak menyukai pantai, mungkin bisa mengunjungi destinasi yang satu ini. Gunung Bromo berlokasi di wilayah Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Malang, Jawa Timur.

Lagi pula, siapa yang tidak pernah mendengar Gunung Bromo? Sama halnya dengan Pulau Weh, hanya perlu mempersiapkan biaya sekitar Rp 3 juta. Berikut rinciannya:

a) Tiket pesawat pulang pergi

Hanya perlu mempersiapkan biaya membeli tiket pesawat Jakarta -Malang mulai dari Rp 1 juta. Untuk informasi lebih detail, langsung lihat situs pembelian tiket online seperti traveloka dan tiket.com

b) Tiket kereta api pulang pergi

Untuk lebih menghemat biaya, gunakan kereta api dengan harga tiket pulang pergi mulai dari Rp 240 ribu.

c) Penginapan

Sama halnya dengan Pulau Weh, terdapat banyak penginapan yang bisa menjadi pilihan ketika berlibur di Gunung Bromo, diantaranya Hotel Bromo View yang hanya berjarak sekitar 1 jam dari Gunung Bromo atau Hotel Bromo Permai yang berlokasi dekat pintu masuk wisata Gunung Bromo. Kisaran biaya yang harus dipersiapkan untuk per malamnya mulai dari Rp 85 ribu sampai dengan Rp 270 ribu.

d) Tiket masuk objek wisata Gunung Bromo

Murah meriah, hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 10 ribu per orangnya.

e) Konsumsi

Gunung Bromo juga memiliki banyak pilihan tempat makan dengan harga yang murah meriah. Diperkirakan kamu membutuhkan biaya Rp 5 ribu hingga Rp 50 ribu.

3. Senggigi – Lombok

Masih untuk para pecinta laut, jika ingin berlibur dengan biaya di bawah Rp 3 juta, destinasi satu ini bisa menjadi pilihan.

Sebagai salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Indonesia, bahkan di mancanegara, Lombok tentunya menjadi salah satu pilihan pas bagi yang mau berlibur sambil menikmati suasana pantai dan laut.

Pertanyaannya, bagaimana bisa berlibur ke Lombok hanya membutuhkan biaya Rp 3 juta saja? Ini lho triknya:

a) Transportasi

Jika berangkat dari Jakarta, kamu bisa memilih kereta api kelas ekonomi menuju Lempuyang, Yogyakarta. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli tiket kereta api berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 250 ribu.

Sesampainya di Yogyakarta, lanjutkan perjalanan menuju Banyuwangi dengan membeli tiket kereta api kelas ekonomi seharga Rp 35 ribu.

Lalu menuju pelabuhan Ketapang yang hanya berjarak sekitar 300 Meter dari stasiun, sehingga bisa berjalan kaki menuju pelabuhan. Lalu menyeberang untuk mencapai Gilimanuk dengan kapal dari Ketapang dengan tarif Rp10 ribu.

b) Penginapan

Untuk harga penginapan di Senggigi, hanya perlu menyiapkan biaya sekitar Rp 125 ribu hingga Rp 160 ribu per malam. Jika kamu ingin menginap di dekat pantai Senggigi, kamu bisa menjatuhkan pilihan ke Hotel Asri atau Hotel Athiti.

c) Konsumsi

Diperkirakan biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan konsumsi di Senggigi berkisar Rp 150 ribu setiap harinya. Itu dia 3 destinasi yang bisa menjadi pilihan liburan dengan budget dibawah Rp 3 juta. Berlibur tidak melulu harus mewah dan mahal, kan?

Semoga membantu!

Sumber : Liputan6.com