Pelni Makassar Sediakan 18 Kapal Hadapi Mudik Lebaran 2017

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Makassar telah menyediakan 18 kapal guna mengantisipasi terjadinya banjirnya penumpang pada arus mudik Lebaran Idul Fitri 2017. Dari 18 kapal itu, 10 kapal diantara memiliki daya angkut 2.000 penumpang, 4 kapal bermuatan 1.000 penumpang, satu kapal bermuatan 500 penumpang serta 3 kapal perintis yang bermuatan sebanyak 200 penumpang.

“Kami sudah mengantisipasi menghadapi arus mudik pada lebaran kali ini. Dengan jumlah kapal sebanyak ini maka diharapkan lonjakan penumpang bisa teratasi dan terlayani dengan baik,” kata Manager Operasional PT Pelni Makassar, Samto di Makassar, Sabtu (17/6/2017).

Samto menjelaskan, Pelni Makassar juga menyediakan kapal Roll on roll off (Ro-ro) atau pengangkut untuk melayani pemudik yang membawa serta kendaraannya.

Baca Juga : Jadwal Kapal Mudik Lebaran 2019

Ia menjelaskan, puluhan kapal yang dipersiapkan itu akan melayani sejumlah rute pelayaran, baik dari Makassar maupun ke Makassar.

Adapun beberapa rute yang selama ini dilayani Pelni Makassar yakni rute selatan yang meliputi Bima, Labuan Bajo, Larantuka, Flores dan Kupang. Sedangkan untuk rute dari timur yang ke arah utara yang meliputi daerah Banggai, Bitung, Nunukan, Tarakan, Ternate.

Sementara ke arah barat adalah Surabaya, Balikpapan, dan ke timur yakni rute ke Bau-bau, Ambon sampai Papua.

“Saat ini sudah ada peningkatan penumpang yang terjadi dari dan ke Makassar. Namun untuk lonjakan yang paling besar tentu jelang hari raya nanti,” ujar Samto dikutip dari Antara.

Baca Juga : Harga Tiket Kapal Mudik Lebaran

Samto tetap berpatokan pada jumlah penumpang tahun lalu yang mencapai 49 ribu penumpang. Pihaknya juga mengaku siap menyambut dan memberikan layanan secara maksimal bagi para penumpang.

“Untuk keamanan tentunya sudah kita lakukan seperti melakukan pengecekan kondisi kapal dan sebagainya,” kata Samto.

Sumber : tirto.id