Sebelum Berangkat, Yuk Kenali Lima Wilayah Utama di Batam untuk Wisata

Jakarta Batam adalah sebuah kota di Kepulauan Riau yang terdiri dari tiga buah pulau di wilayah administrasinya. Ketiga pulau tersebut adalah Pulau Batam, Pulau Galang, dan Pulau Rempang. Secara mendasar, ada lima wilayah berbeda di Batam. Kota ini sendiri terkenal sebagai segitiga persimpangan untuk perdagangan antar Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Nagoya

Mirip dengan nama salah satu daerah di Jepang, Nagoya di Batam merupakan kawasan utama di Batam. Letak wilayah Nagoya berada di Utara Kota Batam. Di wilayah ini, terdapat pusat pemerintahan, pusat administrasi, serta pusat bisnis. Jika Anda ingin melihat kehidupan kota di Batam, Nagoya adalah tempat yang tepat.

Terdapat satu pelabuhan di Nagoya yang bernama Harbour Bay. Di sana, Anda bisa menemukan jadwal pelayaran ke Singapura. Memang, jarak Batam dan Singapura tergolong dekat dan bisa ditempuh dengan menggunakan kapal ferry berukuran sedang.

Beberapa mal yang terkenal di Nagoya adalah Nagoya Hill dan Batam City Center. Kalau ini adalah pertama kalinya Anda berkunjung ke Nagoya, jangan heran jika ada dua mata uang yang digunakan di daerah ini yaitu SGD dan IDR.

Batam Center

Batam Center merupakan kota terencana yang dibangun untuk memfasilitasi kegiatan bisnis di Batam. Untuk sampai ke Batam Center, Anda bisa menyewa taksi dari bandara dan mengeluarkan biaya sekitar Rp30.000 untuk satu kali perjalanan.

Salah satu tempat wisata menarik di Batam Center adalah Masjid Raya yang memiliki arsitektur yang antik namun menawan. Selain itu, Anda pun dapat berkunjung ke Maha Vihara Duta Maitreya yang merupakan kuil Buddha yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Di Batam Center, Anda pun bisa menemukan pelabuhan kapal ferry yang memiliki rute ke Singapura. Jika kebetulan Anda membawa paspor, Anda juga bisa mencoba untuk menyeberang ke Singapura dari Batam Center.

Sekupang

Sekupang dapat dikatakan sebagai pusat wisata modern dari Batam. Di kawasan Sekupang, Anda bisa menemukan setidaknya tujuh lapangan golf standar turnamen yang ramai dikunjungi pemain golf dari berbagai negara. Selain itu, Sekupang juga terkenal dengan hotel serta resort yang menjadi tujuan banyak wisatawan yang ingin menginap dengan fasilitas yang cukup mewah.

Telaga Punggur

Wilayah ini adalah akses utama jika Anda ingin menuju Tanjung Pinang dan Bintan. Sayangnya, lokasi ini cukup jauh jika ditempuh dari Sekupang atau Batam Center. Selain pelabuhan untuk speedboat, Anda pun bisa menemukan banyak restoran serta penginapan di pinggir pantai yang bisa menjadi tempat menginap Anda selama berkunjung.

Nongsapura

Nongsapura adalah wilayah tempat Bandar Udara Hang nadim berada. Bahkan, sekitar 10 menit dari bandara, Anda bisa menemukan Pantai Nongsa yang terkenal dengan airnya yang tenang serta pemandangannya yang indah.

Karena merupakan wilayah yang cukup berkembang, Nongsapura sudah memiliki sistem transportasi yang cukup memadai dan nyaman. Di kawasan pantai, terdapat beberapa resort, spa, serta rumah makan yang menyajikan hidangan laut khas Batam.

Batam tidak memiliki wilayah yang luas. Namun, letaknya yang berdekatan dengan negara Singapura dan Malaysia membuat Batam menjadi pusat bisnis yang cukup sibuk. Bahkan, Bandara Hang Nadim dapat dikatakan sebagai bandara yang cukup ramai. Anda yang datang dari luar Kepulauan Riau bisa memanfaatkan tiket pesawat murah dari Airy untuk bisa berkunjung ke Batam.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke website Airy dan memilih layanan tiket pesawat. Setelah itu, tentukan tujuan serta tanggal keberangkatan. Jika Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan harga tiket pesawat ke Batam dengan promo yang berlaku saat itu. Untuk mendapatkan harga terbaik untuk terbang ke Batam, sebaiknya pesan tiket dari beberapa minggu sebelum keberangkatan.

Sumber: Liputan6.com