Sedang memuat....Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Yogyakarta Terbaru....

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Yogyakarta Terbaru

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Yogyakarta Terbaru

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Yogyakarta Terbaru

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Yogyakarta Terbaru. Pernah masuk dalam 7 Keajaiban Dunia, siapa yang tidak kenal dengan Candi Borobudur ? Hampir semua masyarakat Indonesia mengenal dengan baik kuil Budha atau candi Buddha terbesar di Dunia ini. Hal inilah yang menarik minat masyarakat baik lokal maupun asing untuk mampu mengunjunginya di Yogyakarta, maka wajar saja jika Candi Borobudur ini tak pernah sepi dari para pelancong terutama di masa liburan tiba.

Ada satu alasan mendasar selain kemegahan Candi Borobudur yang sukses memikat hati para pelancong, yakni cerita di balik pembuatan atau Legenda Candi Borobudur sendiri yang cukup historis dan selalu menarik untuk kita saksikan, khususnya di telinga anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) yang masih hangat akan cerita asal usul Candi Borobudur.

Dilansir dari laman Wikipedia Indonesia, Candi Borobudur dibangun pada masa Dinasti Syailendra yang menganut agama  Buddha Mahayana sekitar tahun 800 masehi atau lebih tepatnya dari tahun 770 Masehi sampai dengan 825 Masehi. Bayangkan saja, dizaman kerajaan dahulu kala, Wangsa Syailendra berhasil membangun sebuah kuil peribadatan yang sangat megah yang dilengkapi dengan 2.672 panel relief dan 504 arca Buddha, namun sayangnya arca tersebut berkurang setelah rusak atau dicuri oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab. Namun hal ini tetap menjadikan Candi Borobudur sebagai candi atau kuil Buddha dengan koleksi relief terbanyak dan terlengkap di Dunia.

Stupa utama Candi Borobudur sebagai yang terbesar berada di tengah-tengah Candi yang memiliki luas 123×123 meter sehingga membentuk pola bujur sangar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar. Stupa utama ini di kelilingi oleh 72 stupa berlubang yang tak kalah elok yang di dalamnya terdapat arca Buddha tengah duduk bersila .

Lalu, di Candi Borobudur ini juga mempunyai tiga tingkatan ranah dalam aturan kosmologi Buddha, ketiga tingkatan tersebut adalah  Kāmadhātu (ranah hawa nafsu), Rupadhatu (ranah berwujud), dan Arupadhatu (ranah tak berwujud). Dan seiring dengan perkembangan zaman serta usia dari Candi Borobudur yang semakin tua, Candi Borobudur pun tak lepas dari yang namanya pemugaran. Beberapa kali pemugaran dilakukan sejak abad ke 14 atau saat-saat Candi Borobudur mulai di tinggalkan karena pengaruh kerajaan Buddha di Jawa secara perlahan semakin tergusur karena cukup pesatnya perkembangan islam di Tanah Jawa pada saat itu.

Pemugaran paling besar dilakukan pada tahun 1975 hingga 1982 karena pada saat itu pemerintah Indonesia bekerja sama dengan UNESCO untuk menjaga salah satu warisan dunia ini dari keterpunahan, hingga akhirnya Candi Borobudur pun ditetapkan sebagai situs bersejarah yang masuk dalam warisan dunia UNESCO. Dan jika pada masa kerajaan Candi Borobudur dijadikan sebagai tempat peribadatan, kini Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib di kunjungi kala melancong ke Jogjakarta. Namun sesekali Candi Borobudur dijadikan sebagai tempat peribadatan masyarakat beragama Buddha, khususnya untuk memperingati Hari Suci Waisak. Berikut ini besaran harga tiket masuk Borobudur 2017 :

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur 2017 :

Jenis TiketHarga Tiket Masuk
Wisatawan DomestikRp. 40.000,-
Wisatawan MancanegaraRp. 325.000,-

Harga tiket masuk Candi Borobudur naik terbaru kami dapatkan yaitu sebesar IDR 40K dimana harga tersebut sudah mengalami kenaikan dari sebelumnya IDR 30K. Begitu juga dengan harga tiket masuk untuk wisatawan asing dimana harga sebelumnya adalah USD 20 naik menjadi USD 25. Kebijakan ini dilakukan oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Ratu Boko.

Kenaikan harga ini jelas cukup wajar mengingat PT Taman Wisata Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Ratu Boko sudah tiga tahun tidak menaikkan harga tiket masuk dari Candi Borobudur ini. Dengan harga hanya IDR 30K, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat sekaligus seperti edukasi, sejarah, dan spot foto dengan latar pemandangan yang sangat cantik nan elok. Jam buka Candi Borobudur sendiri antara pukul 06.00 WIB s/d 17.00 WIB.

Nah, itulah pembahasan singkat kita mengenai Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Yogyakarta Terbaru, next time kita juga akan membahas mengenai tiket masuk Prambanan serta tiket masuk Parangtritis. Jangan lupa cek harga tiket lainnya hanya di HargaTiketTerbaru.com

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Yogyakarta Terbaru | Riski | 4.5