Sedang memuat....Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Yogyakarta Terbaru....

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Yogyakarta Terbaru

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Yogyakarta Terbaru

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Yogyakarta Terbaru

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Yogyakarta Terbaru – Setelah kita membahas mengenai harga tiket masuk Candi Borobudur (Baca : Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Yogyakarta Terbaru), rasanya kurang pas jika kita juga tidak membahas mengenai Candi Roro Jonggrang, atau yang lebih di kenal masyarakat sebagai Candi Prambanan. Nama Prambanan sendiri diambil dari nama kecamatan dimana Candi Prambanan, yaitu Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Bersama Candi Borobudur, Candi Prambanan menjadi salah satu destinasi yang wajib kalian kunjungi kala berlibur ke Jogjakarta. Sebab sebagai Candi Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan juga dikenal akan keelokan ukiran dan bentuk candi yang cukup unik jika di bandingkan dengan beberapa candi Hindu lainnya yang ada di Indonesia. Namun dibalik kemegahan dan keindahan Candi Prambanan, tersimpan beberapa sejarah dan dongeng yang cukup melegenda di tengah-tengah masyarakat Jawa khususnya.

Salah satu dongeng yang paling terkenal adalah ketika dahulu kala ada seorang raksasa yang sakti mandraguna yang jatuh cinta kepada gadis bernama Roro Jonggrang (nama lain dari candi ini). Namun untuk mampu menikahinya, Roro Jonggrang memberikan satu syarat yang hampir mustahil untuk dilakukan. Gadis berparas cantik tersebut meminta raksasa untuk membangunka 1000 candi dalam kurun waktu semalam.

Karena sang raksasa cukup yakin dengan kesaktiannya, ia pun bersedia untuk memenuhi syarat tersebut dan dalam semalam ia meminta bantuan para jin untuk membangunkannya 1000 candi dalam semalam. Namun ketika candi yang sudah dibangun berjumlah 999, pagi telah tiba. Ufuk fajar telah terbit, dan ayam telah berkokok. Hal ini membuat sang raksasa murka dan menjadikan Roro Jonggrang candi untuk melengkapi barisan candi-candi tersebut sehingga berjumlah 1000 candi.

Namun hal tersebut tetaplah dongeng,  sejarah asli mencatatkan cerita yang berbeda 360 derajat dari cerita dongeng. Menurut catatan sejarah, Candi Prambanan sendiri dibangun pertama kali oleh raja bernama Rakai Pikatan guna menyaingi keberadaan Candi Borobudur dan Candi Sewu yang beraliran agama Buddha Mahayana yang dibangun pada masa Dinasti Syailendra. Menurut riwayat lainnya, dibangunnya Candi Prambanan ini guna menandakan kembalinya kekuasaan keluarga Sanjaya di tanah Jawa yakni Wangsa Sanjaya yang menganut agama Hindu dan Wangsa Syailendra yang menganut agama Buddha.

Candi yang dibangun pada tahun 850 Masehi ini dibangun degan tujuan untuk dipersembahkan kepada Trimurti yaitu Tiga Dewa utama Hindu yaitu Brahma, Wishnu, dan Siwa. Dan uniknya, nama asli Candi ini adalah Candi Siwagrha berdasarkan catatan yang ada di prasasti Siwagrha. Kondisi ini juga diperkuat dengan ruang utama Candi Prambanan terdapat arca yang cukup besar yaitu Siwa Mahadewa setinggi tiga meter. Dan Siwagrha menurut bahasa sanskerta berarti Rumah Siwa, sehingga cukup jelas Candi Prambanan ini utamanya lebih di peruntukkan oleh Dewa Siwa.

Akan tetapi beberapa arkeolog memiliki pendapat yang berbeda mengenai Arca Siwa yang berada di Garbhagriha (ruang utama). Mereka beropini bahwa arca tersebut menggambarkan perwujudan raja Balitung, sebagai arca pedharmaan anumerta dia. Nah, setelah mengetahui seluk beluk, sejarah tentang Candi Prambanan, yuk simak besaran harga tiket masuk Candi Prambanan dibawah ini :

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Yogyakarta Terbaru :

Jenis TiketHarga Tiket Masuk
Wisatawan DomestikRp. 40.000,-
Wisatawan MancanegaraRp. 325.000,-

Harga tiket masuk dari Candi Prambanan ini sendiri sebesar IDR 40K, harga yang cukup wajar mengingat tingat animo masyarakat untuk mengunjungi salah satu situs bersejarah dan warisan dunia ala UNESCO ini juga terbilang cukup tinggi. Besaran harga tiket ini juga sama seperti harga tiket masuk Candi Borobudur karena keduanya sama-sama dikelola langsung oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Ratu Boko. Jam buka Candi Prambanan sendiri dari pukul 06.00 WIB s/d 17.00 WIB

Dan demikianlah ulasan singkat kita mengenai Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Yogyakarta Terbaru yang cukup tersohor tak hanya dikalangan masyarakat Indonesia, tapi juga masyarakat Hindu di seluruh dunia. Kami juga menyedikan informasi mengenai beberapa harga tiket masuk lainnya, next kita akan membahas mengenai harga  tiket masuk Keraton Jogja,  jadi stay on HargaTiketTerbaru.com

Terima Kasih 🙂

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Yogyakarta Terbaru | Riski | 4.5