Sedang memuat....Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis Yogyakarta Terbaru....

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis Yogyakarta Terbaru

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis Yogyakarta Terbaru

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis Yogyakarta Terbaru

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis Yogyakarta Terbaru. Jika kamu bertanya pantai apa yang paling populer di Jogja, jawabnya jelas adalah Pantai Parangtritis. Pantai yang berada di sisi selatan Jogjakarta ini termasuk salah satu destinasi favorit bagi para pelancong yang ingin berwisata ke Kota Pelajar. Fasilitas sunset atau matahari tenggelam menjadi yang paling diburu oleh para pengunjung. Sunset inilah yang memang menjadi dayatarik atas animo besar masyarakat sekitar maupun luar Jogja untuk mengunjungi Pantai Parangtritis.

Alasan lainnya adalah jalur akses yang sangat mudah untuk dapat mencapai Pantai Parangtritis ini. Sebab kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar satu jam dari pusat kota Jogjakarta karena Pantai Parangtritis masuk dalam administrasi Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Nama Pantai Parangtritis yang dikenal hingga Mancanegara ini tak hanya terkenal lewat keindahan alam pantai yang lengkap dengan sunset serta deburan ombak yang menyejukkan mata, melainkan juga cukup dikenal lewat sejarah dan berbagai macam mitos atau misteri pantai parangtritis yang cukup tersohor yang tak hanya di pahami oleh masyarakat Jogja, tetapi juga dengan masyarakat di luar Jogjakarta.

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Borobudur 2016/2017

Akan tetapi tak banyak yang tahu mengenai asal muasal nama dari Pantai Parangtritis itu sendiri. Menurut cerita rakyat setempat, nama Parangtritis pertama kali di wacanakan oleh seorang petapa bernama Dipokusumo yang pada saat itu melarikan diri dari Kerajaan Majapahit. Dalam pelariannya ia menyempatkan bersemedi di sekitar Pantai Parangtritis dan menemukan celah batu karang yang menjatuhkan banyak tetesan air. Dalam bahasa Jawa sendiri, nama Batu Karang sendiri disebut sebagai “Paran” dan air yang jatuh dari batu tersebut disebut sebagai “Tumatitis”, maka jadilah nama Pantai Parangtritis yang sangat dikenal oleh masyarakat luas hingga saat ini.

Banyak dari masyarakat Jogja sendiri yang meyakini Pantai Parangtritis termasuk dalam perwujudan dari Kesatuan Trimurti Jogjakarta yang sangat kental dengan adat sekitar. Trimurti Daerah Istimewa Yogyakarta ini terdiri dari Gunung Merapi yang mewakili elemen api, Pantai Parangtritis yang mewakili elemen air, dan Keraton Kasultanan Yogyakarta yang berfungsi sebagai penyeimbang dari keduanya.

Hal inilah yang membuat Pantai Parangtritis cukup kental dengan berbagai mitos di tengah-tengah masyarakat termasuk di dalamnya adalah cerita tentang Nyai Roro Kidul dimana Pantai Parangtritis adalah pintu gerbang untuk menuju Istana Kerajaan Laut Selatan yang di miliki oleh Nyai Roro Kidul.

Simak Juga : Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Yogyakarta Terbaru

Nah, pernah mendengar larangan di Pantai Parangtritis yaitu  menggunakan pakaian atau atribut yang berwarna hijau kala mengunjungi Pantai ini ? Mitos ini terasa sangat familiar bagi siapa saja yang ingin mengunjungi Pantai Parangtritis ini. Sebab itulah salah satu pantangan yang harus dilaksanakan oleh setiap wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis ini. Hal ini dikarenakan Nyi Roro Kidul dikabarkan sangat menyukai segala hal yang berwarnah hijau, hal ini kemudian dikaitkan karena bagi mereka yang kebanyakan hilang di Pantai Parangtritis akibat tertelan ombak yang cukup besar dikabarkan dijadikan prajurit di Kerajaan Laut Selatan.

Atas dasar itulah, pengelola Pantai Parangtritis melarang siapapun pengunjung untuk mandi/berenang di bibir pantai guna menghindari kejadian-kejadian yang tidak di inginkan. Namun meski begitu kalian juga akan tetap mendapatkan spot foto yang cukup indah meski tidak di bibir pantai secara langsung. Sedangkan untuk dapat menikmati keindahan alam di Pantai Parangtritis ini kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5000,- per orang untuk seluruh usia.

Biasanya para wisatawan datang ke Pantai Parangtritis ini untuk menikmati masa liburan dengan keluarga. Karena sama seperti Pantai Indrayanti (Baca : Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti Yogyakarta Terbaru)yang telah kita bahas sebelumnya, fasilitas yang ada di Panta Parangtritis ini bisa dibilang cukup lengkap dan memudahkan kita dalam berlibur, karena kita tak perlu menyiapkan banyak hal ketika mengunjungi Pantai Parangtritis ini. Jadi, kalau sedang berlibur ke Yogyakarta jangan lupa untuk mengunjungi salah satu pantai legendaris ini yaa, dan cek harga tiket masuk lainnya hanya di HargaTiketTerbaru.com. Terima kasih 🙂

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis Yogyakarta Terbaru | Riski | 4.5